Sosialisasi Pengisian CPMK pada SIJAMU

Jember. Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Jember menyelenggarakan sosialisasi pengisian CMPK pada SIJAMU kepada dosen-dosen di lingkungan Universitas Jember, Senin, 6 Juni 2022. Penyelengaraan kegiatan dilaksanakan secara daring menggunakan platform zoom meeting dan disiarkan secara langsung pada chanel youtube. Kegiatan sosialisasi menghadirkan tiga narasumber, yaitu: Dr. Welayaturromadhona, Dr. Iis Nur Asyiah, dan Dr. Dian Kurniati.

Dalam sambutannya Ketua LP3M Drs. Albert Tallapessy, M.A., Ph.D. menyatakan bahwa maksud LP3M Lembaga Penjaminan Mutu dan Kurikulum seringkali mengadakan sosialisasi pengisian CMPK melalui SIJAMU. Kegiatan ini bagian dari meng-update terselenggarakannya pembelajaran. Beberapa waktu lalu Fakultas Ilmu Budaya sudah memfasilitasi pengisian CPMK. Prodi-prodi yang berada di FIB dikumpulkan dan mengisi CPMK di SIJAMU. Tentunya ke depan fakultas lain bisa juga memfasilitasi prodi-prodi untuk mengisi CPMK, meskipun saat ini memang antara SIJAMU dengan sister belum bisa disinkronisasi.

Dr. Siti Komariyah Ketua Penjaminan Mutu dalam sambutannya menyatakan bahwa pengisian CMPK di SIJAMU merupakan bagian dari aktivitas pembelajaran dan kami memonitoring pelaksanaan pebelajaran. SIJAMU akan memudahkan kerja terkait dengan akreditasi, sekaligus untuk mengukur capaian pembelajaran lulusan sekaligus tuntutan kurikulum OBE yang beroerintasi memenuhi tuntutan stakeholder. Selain itu juga SIJAMU disiapkan untuk memenuhi target IKU serta men-support visi Universitas Jember menjadi perguruan tinggi yang unggul.

Narasumber pertama, Dr. Welayaturromadhona menyampaikan materi tentang instrumen asesmen CPMK di Sistem Informasi Penjaminan Mutu (SIJAMU). Materi ini berkaitan dengan hal-hal mendasar yang harus dipahami oleh para dosen-dosen terkait dengan proses pengisian dan standarisasi asesmen yang patut diisi di SIJAMU, baik oleh GPM, UPM, Koprodi, maupun dosen-dosen.

Narasumber kedua, Dr. Iis Nur Asyiah memaparkan materi terkait dengan kebijakan LP3M untuk SIJAMU. Sosialisasi ini merupakan bentuk penguatan kepada dosen untuk memahami kurikulum berbasis pencapaian. Karena kita harus mengikuti perubahan kebijakan di level kementerian. SIJAMU membantu dan mempermudah dosen dalam mengukur capaian pembelajaran. Dan pengisian CMPK di SIJAMU menjadi kewajiban bagi dosen dan bukan tugas administrasi.

Narasumber ketiga Dr. Dian Kurniati, Kepala Pusat Kurikulum, MBKM, Inovasi Pembelajaran, dan Karakter mempresentasikan materi terkait dengan tata prosedur teknis pengisian CPMK di SIJAMU. Langkah awal yang dilakukan dosen adalah masuk ke SIJAMU kemudian memilih menu Asesmen CMPK dan submenu identitas kelas mata kuliah dan CPMK untuk mengecek mata kuliah apa saja yang diampu oleh dosen sebagai PJMK. Dosen dapat mengisi CPMK ke menu SIJAMU. Setelah mengisi CPMK, dosen selanjutnya mengisi indikator kinerja berdasarkan CPL dan dilanjutkan pengisian sub CMPK serta asesmen CMPK.

Acara sosialisasi pengisian CPMK di SIJAMU dikuti oleh 300 lebih peserta baik dari kalangan Wakil Dekan, Koprodi, GPM, UPM, dan dosen-dosen di seluruh program studi dan fakultas di lingkungan Universitas Jember. [BAK]