Penyusunan POS dan E-SKP dalam Pencapaian Kinerja Lembaga

Foto: Peserta Penyusunan POS dan E-SKP berfoto bersama dengan Ketua LP3M

Jember. Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia LP3M Universitas Jember menyelenggarakan Penyusunan Prosedur Operasional Standar (POS) dan Elektronik Sasaran Kinerja Pegawai (E-SKP) dalam Pencapaian Kinerja Lembaga. Kegiatan dilaksanakan secara luring selama dua hari di Hotel Meotel, 16-17 April 2022.

Pelaksanaan kegiatan ini dilatarbelakangi oleh terbitnya Perjanjian Kinerja Tahun 2022 Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) dengan Rektor Universitas Jember, maka Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) tenaga kependidikan perlu diupdate sesuai dengan Perjanjian Kinerja tersebut. Agar target kinerja dan SKP dapat tercapai, maka perlu djabarkan ke dalam Prosedur Operasional Standar (POS). POS juga memiliki tujuan sebagai dasar mengatur cara kerja seluruh individu dalam bekerja dan sekaligus membangun kualitas.

“Secara umum, tujuan POS adalah untuk menjamin setiap unit kerja menjalankan aktivitas dengan tepat, cepat, efektif, efisien, dan terhindar dari kesalahan. Walaupun fungsi utama POS adalah sebagai alat pandu, namun demikian fungsi POS dapat juga digunakan untuk alat ukur, alat pantau, dan sebagai alat latih. POS ini umumnya dibuat dalam bentuk teks dokumen dan juga diagram alir.” Jelas Dr. Niken Widya Palupi, S.TP., M.Sc. Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia LP3M.

“Fungsi POS adalah sebagai pedoman kerja, sebagai dasar hukum, sebagai informasi hambatan kerja dan tolak ukur kedisiplinan.” Lanjut perempuan yang juga Dosen di Fakultas Teknologi Pertanian ini.

Saat ini, SKP tenaga kependidikan LP3M UNEJ belum menjabarkan Perjanjian Kinerja Ketua LP3M tahun 2022. Melalui kegiatan ini diharapkan SKP tenaga kependidikan mengakomodir Perjanjian Kinerja Ketua LP3M dengan Rektor UNEJ tahun 2022. Agar target di Perjanjian Kinerja Ketua LP3M dapat tercapai, maka SKP perlu dijabarkan kedalam prosedur teknis yang bisa dilaksanakan oleh semua  tenaga kependidikan.

Kegiatan Penyusunan Prosedur Operasional Standar (POS) dan Elektronik Sasaran Kinerja Pegawai (E-SKP) dalam Pencapaian Kinerja Lembaga ini diikuti oleh seluruh kepala pusat dan staf pegawai di lingkungan LP3M Universitas Jember. [BAK]