Pelatihan Pekerti Plus oleh P2SDM LP3M

Foto: Dr. Niken Widya Palupi, S.TP.,M.Sc.

Foto: Peserta pelatihan berfoto bersama dengan Ketua LP3M

Jember. Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (P2SDM) Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Jember LP3M selenggarakan Pelatihan Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) Plus Tahap I yang dimulai pada Jumat, 8 April 2022. Pelaksanaan Pekerti Plus kali ini berbeda dengan pekerti sebelumnya. Untuk pertamakalinya dilaksanakan secara luring setelah 2 tahun masa pandemi akibat Covid-19.

Ketua LP3M Drs. Albert Tallapessy, M.A.,Ph.D. dalam sambutan pembukaannya mengatakan capain dari pelatihan Pekerti Plus Tahap I Tahun 2022, “Setelah mengikuti pelatihan para peserta diharapkan akan dapat memahami histori dan urgensi program Pekerti/Applied Approach (AA), memahami posisi Program Pekerti/AA dalam perkembangan kebijakan baru Merdeka Belajar Kampus Merdeka, dan memahami pentingnya Program Pekerti/AA dalam pengembangan kompetensi pedagogi dosen menghadapi disrupsi ganda RI.4.0 dan pandemi covid 19.”

Pekerti adalah merupakan program pelatihan peningkatan kompetensi profesional dosen dalam memangku jabatan fungsional, terutama dalam peningkatan keterampilan pedagogis.

“Pekerti Plus merupakan pengembangan dari program Pekerti yang ditujukan utk dosen dengan kekhususan bidang. Pekerti Plus kali ini ditujukan bagi para dokter spesialis yang merupakan dosen pendidikan klinis (dodeknis) Fakultas Kedokteran Universitas Jember.” Kata Dr. Niken Widya Palupi, S.TP.,M.Sc. Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (P2SDM) LP3M Universitas Jember.

“Para peserta adalah dokter spesialis dari 5 RS, yaitu RSUD dr. Soebandi Jember, RSUD dr. Haryoto Lumajang, RSUD dr. Koesnadi Bondowoso, RSD Balung dan RSD Kalisat. “ lanjut Dr. Niken Widya Palupi, S.TP.,M.Sc.

Peserta yang mengikuti Pelatihan Pekerti Plus Tahap I kali ini berjumlah 20 orang. Sedangkan, pelaksanaan kegiatan sendiri bertempat di Ruang Auditorium Gedung Soedjarwo, Lantai 5 Universitas Jember. Kegiatan ini dilaksanakan selama 6 hari pada tanggal 08 – 10 April 2022 dan 22-24 April 2022. [BAK]