LP3M Selenggarakan Workshop IABEE

Prof. Drs. Slamin, M.Comp,Sc.,Ph.D.

Leni Sophia Heliani, S.T.,M.Sc.,Ph.D.

Jember. Prioritas pencapaian IKU 8 terkait dengan akreditasi internasional program studi di lingkungan Universitas Jember, maka LP3M menyelenggarakan Workshop IABEE berupa pendampingan pengajuan akreditasi internasional prodi di bawah Fakultas Teknik dan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember, Kamis, 7 April 2022. Workshop IABEE menghadirkan narasumber Leni Sophia Heliani, S.T., M.Sc., Ph.D. dari Fakultas Teknik Geodesi Universitas Gadjah Mada yang telah berpengalaman mendampingi 3 program studi di lingkungan Universitas Jember sehingga berhasil meraih akreditasi intenasional. Penyelenggaraan workshop dilaksanakana dengan menggunakan platform zoom meeting.

“Maksud penyelenggaraan Worskhop IABEE ini agar terjadi transformasi proses belajar dan memberikan pengalaman mengajukan program studi agar meraih akreditasi internasional. Saat ini kami mengundang Dekan Fakultas Teknik dan Fakultas Teknologi Pertanian yang sudah menyiapkan pengajuan akreditasi internasional.” Kata Ketua LP3M Drs. Albert Tallapessy, M.A.,Ph.D. saat memberikan sambutan Workshop IABEE.

Sementara itu, Wakil Rektor I Prof. Drs. Slamin, M.Comp.Sc., Ph.D. dalam sambutan sekaligus membuka acara Workshop IABEE mengatakan  bahwa akreditasi internasional program studi menjadi prioritas Universitas Jember. Saat ini, UNEJ sudah men-submit 5 program studi dalam 3 cluster, yaitu: Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Kedokteran, dan Kedokteran Gigi. Sebenarnya beberapa program studi sangat antusias untuk memperoleh akreditasi internasional. Bahkan sudah ada 14 program studi yang sudah menyiapkan diri untuk diajukan meraih akreditasi internasional. Kami serius mengawal dan merencakanan program studi-program studi untuk mendapatkan akreditasi internasional. Dari bidang soshum juga sudah ada 5 prodi yang juga sudah submit dan terbagi dalam 3 cluster, diantaranya: Prodi Sastra Inggris, Hubungan Internasional, Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi.

Beberapa pihak yang diundang dalam penyelenggaraan Workshop IABEE antara lain Dekan beserta Wakil Dekan I, II, dan III Fakultas Teknik dan Teknologi Pertanian, Sekretaris I dan II LP3M, Kepala dan Anggota Pusat Penjaminan Mutu, Koordinator Program Studi Fakultas Teknik dan Teknologi Pertanian, GPM Fakultas Teknik dan Teknologi Pertanian, dan seluruh Dosen Fakultas Teknik dan Teknologi Pertanian Universitas Jember. Ada pun jumlah peserta yang mengikuti Wokshop IABEE sebanyak 50 peserta. [BAK]