BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Berita / TOT 9 Standar Akreditasi BAN-PT Restrukturisasi Kurikulum Berbasis Standar Internasional

TOT 9 Standar Akreditasi BAN-PT Restrukturisasi Kurikulum Berbasis Standar Internasional

Dalam rangka Peningktan Kualitas Kinerja Program Studi Melalui Akreditasi LP3M Universitas Jember menyelenggarakan TOT 9 Standar Akreditasi BAN-PT Restrukturisasi Kurikulum Berbasis Standar Internasional pada tanggal 18 Februari 2019 di Aula LP3M Univeritas Jember. Kegiatan TOT ini dihadiri oleh Ketua Program Studi Fakultas, Ketua GPM di lingkungan Fakultas/Lembaga/UPT di lingkungan Universitas Jember serta Koordinator dan Anggota Pusat Sistem Manajemen Mutu dan Pusat  Monev/Audit Mutu Akreditasi LP3M Universitas Jember.

Adapun acara pembukaan sekaligus sambutan oleh Dr. Akhmad Taufiq, S.S., M.Pd  selaku Ketua LP3M Universitas Jember menyampaikan bahwa sosialisasi 9 standar terkait dengan kebijakan baru akreditasi prodi maupun institusi. Dalam rangka melakukan percepatan kebijakan baru 9 standar akan dilaksanakan oleh upps (unit pengelola program studi) diposisikan sbg wacana, sampai pada kondisi ditetapkan siapa unit pengelola  secara difinitif dan  formal. Kegiatan ini disampaikan pula sosialisai materi rekonstruksi kurikulum berstandar internasional adalah untuk memenuhi janji Rektor. Beberapa prodi berakrerditasi internasional, dan untuk saat ini yang didampingi adalah prodi pendidikan biologi dan harapannya FKG dan prodi2 lain mengikuti.

Tahun 2017 LP3m menyusun kurikulum berbasis capaian, menindakan lanjuti pedoman kurikulum maka tuntukan berstandar int harus disesuaikan, diharapkan kegiatan dilakukan diskusi-diskusi dgn tahapan apa yag hrs dilakukan, jelas Ketua LP3M. Selama ini orientasi kurikulum berstandar internasional itu eksak saja, faktanya kita sdh menerima mahasiswa asing, setidaknya ada dari Patani, (dulu ada Timor Leste, Afrika) dan kondisi ini belum disesuaikan, klo berpijak pada kurikulum berbasis capaian dan kondisi kita misalnya sudah menerima mahasiswa asing, apakah kediaksesuaian diediting juga. Secara step by step termasuk RPS dan KAD yg sudah disesuaikan dengan kondisi capaian kita. Dengan Pelatihan TOT ini berbagi tugas dan tanggung jawab bersama supaya lembaga ini betul2 prima, dan ujung tombak selanjutnya GPM, pungkasnya.

Beberapa materi pelatihan yang disampaikan tentang Draft Panduan Penyusunan LED_APS-231118, Draft Panduan Penyusunan LKPS APS-231118, Laporan Evaluasi Diri IAPS 4_0, Materi GS-Pelatihan APS PTN – 130219, dan Strategi penyusunan kurikulum internasional yang dapat didownload pada laman  http://lp3m.unej.ac.id menu unduhan.

Check Also

Test From Home (TFH) Juni 2020 Darurat COVID-19

      Dibuka Pendaftaran Tes TOEP & TPDA Periode Test From Home (TFH) Juni ...