BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Berita / Dorong Pembelajaran Daring, LP3M Gelar Sosialisasi & Pelatihan “Virtual Classroom Dengan Big Blue Button”

Dorong Pembelajaran Daring, LP3M Gelar Sosialisasi & Pelatihan “Virtual Classroom Dengan Big Blue Button”

LP3M berkolaborasi dengan UPT TIK dan 15 Fakultas di lingkungan Universitas Jember mengadakan Sosialisasi dan Pelatihan Pembelajaran Daring menggunakan Virtual Classroom dengan Big Blue Button. Roadshow sosialisasi dan pelatihan ini dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 12 Februari hingga tanggal 21 Februari 2019 yang diikuti oleh seluruh dosen di fakultas masing-masing.

Acara ini secara simbolis dibuka langsung oleh Wakil Rektor I Drs. Zulfikar, Ph.D. didampingi Sekretaris I LP3M Dr. Ir. Bambang Marhaenanto, M.Eng., Dekan Fakultas Hukum Dr. Moh. Ali, S.H., M.H. dan Kepala UPT TIK Drs. Sudarko, Ph.D. di Aula Fakultas Hukum, dalam sambutannya beliau menjelaskan bahwa Pembelajaran Daring akan meningkatkan efektifitas dalam perkuliahan yang saat ini menggunakan metode Blended Learning, meskipun virtual, dosen dan mahasiswa masih bisa bertatap muka dan berinteraksi melalui screen/conference menggunakan Big Blue Button yang telah diintegrasikan di E-Learning/Media Manajemen Pembelajaran (MMP) Universitas Jember (https://e-learning.unej.ac.id). Lebih detail, beliau menjelaskan bahwa Data Pembelajaran Daring pada semester ganjil kemarin (19201) tercatat 5108 sesi kuliah menggunakan E-Learning/MMP dan 259 sesi kuliah menggunakan Big Blue Button. Oleh karena itu dengan adanya pelatihan ini akan mendorong dosen di Universitas Jember untuk memanfaatkan fitur Virtual Classroom dengan Big Blue Button, sehingga ke depan Universitas Jember tetap bisa mempertahankan Log LMS (Learning Management System) Tertinggi dari seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia seperti yang dilansir dari laman https://spada.ristekdikti.go.id.

Di tempat terpisah, Ketua LP3M Prof. Dr. Ir. Bambang Sujanarko, M.M. yang membuka acara bersama Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Budaya Dr. Retno Winarni, M.Hum. di Aula Sutan Takdir Alisyahbana, dalam sambutannya memaparkan bahwa Siklus Pembelajaran baik secara Tatap Muka dan Daring harus melalui tahapan yang terus menerus berulang yaitu Pra Pembelajaran, Proses Pembelajaran, Penilaian Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran dan kembali lagi dimulai dengan tahapan Pra Pembelajaran. Akan tetapi Pembelajaran Daring ini memiliki keunggulan yang dapat dimanfaatkan sebagai bukti untuk kebutuhan akreditasi; yang telah terdokumentasi di dalam sistem, sesuai standar dalam Permendikbud No. 3 Tahun 2020 dan tentunya sesuai tuntutan di Era Revolusi Industri 4.0.

Lebih lanjut, beliau menjelaskan bahwa hal ini juga sejalan dengan amanat Rektor Universitas Jember Dr. Ir. Iwan Taruna, M.Eng. untuk mengakselerasi Pembelajaran Daring yang tidak hanya 25% dari Blended Learning akan tetapi bisa diperluas hingga 40%, oleh karena itu LP3M saat ini masih mengkaji instrumen yang tepat dan efektif untuk mengakomodasi hal ini. Selain itu Pembelajaran Daring ini juga penting untuk memfasilitasi mahasiswa yang mengikuti magang akan tetapi juga mengikuti perkuliahan, sesuai Program Kampus Merdeka yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan & Kebudayaan RI.

 

 

 

 

Check Also

Tes TOEP & TPDA Periode Test From Home (TFH) Mei 2020 Darurat COVID-19

Dibuka Pendaftaran Tes TOEP & TPDA Periode Test From Home (TFH) Mei 2020 Darurat COVID-19 ...