BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Berita / Bedah Dokumen AIPT Universitas Jember

Bedah Dokumen AIPT Universitas Jember

LP3M Universitas Jember menyelenggarakan Bedah Dokumen AIPT (Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi) pada tanggal 3 – 4 Februari 2020 di Aula LP3M, yang dihadiri oleh Tim AIPT, Wakil Dekan I, Tim GPM dan Ketua Program Studi di lingkungan Universitas Jember.

Acara ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor I Drs. Zulfikar, Ph.D., dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Dokumen AIPT ini merupakan yang terbaik dan telah melalui proses dengan rambu-rambu yang jelas dan terukur. Pengukuran Kinerja dan Evaluasi Diri Fakultas dan Program Studi yang dilakukan setiap tahun akan memudahkan penyusunan akreditasi di tingkat Universitas yang nantinya tinggal mengkompilasi saja. Pengukuran ini bisa menggunakan EMI dengan 7 skala yang berhubungan dengan akreditasi, meskipun hal ini susah berjalan karena ada pergeseran di tingkat bawah dan PDCA/Kaizen yang belum berjalan dengan baik. Selain itu, sharing, mengukur, dan menilai poin-poin 9 Standar juga perlu dilakukan di masing-masing Fakultas dan Program Studi guna meningkatkan level akreditasi menuju Akreditasi Internasional seperti AUNQA. Lebih lanjut, beliau juga menyampaikan pesan bahwa perubahan regulasi saat ini harus disikapi secara cermat dan tepat, seperti Perubahan Regulasi AIPT di Pasal 6 yang menambah masa akreditasi menjadi 25 tahun dimana berpeluang menjamin AIPT yang disubmit bisa berjalan dengan baik serta mereformulasikan kembali SNPT yang baru.

Seiring dengan Wakil Rektor I, Ketua LP3M Prof. Dr. Ir. Bambang Sujanarko, M.M. dalam sambutannya menjelaskan bahwa Bedah Dokumen AIPT ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan analisis Dokumen AIPT, selain itu juga bertujuan untuk memperbaiki Dokumen Akreditasi Perguruan Tinggi dan meningkatkan pemahaman Dokumen Akreditasi di tingkat Program Studi. Dalam prakteknya nanti peserta yang hadir akan dilatih menjadi Asesor yang bisa memberikan penilaian/skor dan perbaikan-perbaikan kepada moderator & notulen guna menyamakan persepsi dalam penyusunan Dokumen Akreditasi Perguruan Tinggi & Program Studi.

Adapun Rundown Acara untuk tanggal 3 Februari 2020 akan diisi Bedah Kriteria A, B, dan D dengan moderator Dr. Siti Komariyah, S.E., M.Si. dan notulen Dr. Rr. Dewi Junita Koesoemawati, S.T., M.T., kemudian Bedah Kriteria C1 – C3 dengan moderator Dr. Ir. Sholeh Avivi, M.Si. dan notulen Dra. Hari Sulistiyowati, M.Sc., Ph.D. Sedangkan tanggal 4 Februari 2020 akan diisi Bedah Kriteria C4 – C6 dengan moderator Dwi Endah Nurhayati, S.H., M.H. dan notulen Dr. Sri Astutik, M.Si., kemudian Bedah Dokumen C7 – C9 dengan moderator Dr. Akhmad Haryono, M.Pd. dan notulen Ns. Tantut Susanto, M.Kep., Ph.D.

 

Check Also

Pendaftaran Tes TOEP & TPDA Periode Reguler Februari 2020

Dibuka Pendaftaran Tes TOEP & TPDA Periode Reguler Februari 2020 Untuk Peserta Serdos, NIDN, Beasiswa, ...