BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Kegiatan 2020 / Launching Layanan Kesehatan Mental & Webinar Series Kesehatan Mental Remaja seri 5 “Gangguan Kecemasan & Panic Attack”

Launching Layanan Kesehatan Mental & Webinar Series Kesehatan Mental Remaja seri 5 “Gangguan Kecemasan & Panic Attack”

Pusat Layanan Counseling dan Difabilitas (PLCD) LP3M Universitas Jember bersama Tim Relawan Kesehatan Mental Remaja (KMR) kembali menyelenggarakan Webinar Seri Edukasi Kesehatan Mental Remaja pada tanggal 8 Oktober 2020, pukul 15.00-18.00 WIB. Pada penyelenggaraan yang kelima ini, tema yang diangkat adalah Gangguan Kecemasan dan Serangan Panik (Panic Attack). Narasumber kegiatan ini adalah Levi Pransiska, atau yang biasa disapa Ola, penyintas gangguan kecemasan yang aktif di Komunitas Peduli Skizofrenia (KPSI). Moderator acara adalah Dr. Fransciscus Adi Prasetyo, M.Si., dosen Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP Unej yang juga seorang pegiat isu kesehatan mental.
Penyelenggaraan seri edukasi yang terakhir ini lebih istimewa daripada keempat seri sebelumnya, karena sekaligus menjadi ajang peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (World Mental Health Day) yang diperingati setiap tanggal 10 Oktober. Tema World Mental Health Day tahun ini adalah “Mental Health for All: Greater Investment – Greater Access, Everyone Everywhere” yang dilatarbelakangi oleh keprihatinan terhadap meningkatnya kasus kesehatan mental serta resiko kesehatan mental terutama di masa pandemi Covid-19. Dibutuhkan perhatian dan tindakan dari publik dan pemerintah, sehingga World Health Organization (WHO), United for Global Mental Health dan World Federation for Mental Health bekerjasama mendorong penyediaan layanan kesehatan mental secara masif bagi semua lapisan masyarakat.
Universitas Jember merespon hal ini dengan menyelenggarakan layanan kesehatan mental bagi sivitas akademikanya. Melalui kerjasama PLCD, Unej Medical Center (UMC) dan UPTTI, Unej mengembangkan layanan Alat Ungkap Masalah (AUM) online yang terintegrasi SISTER sebagai alat deteksi dini permasalahan belajar dan kejiwaan mahasiswa, membentuk tim relawan Kesehatan Mental Remaja dari kalangan mahasiswa sebagai tempat bagi sesama mahasiswa mendapatkan informasi, edukasi, konseling sebaya dan pendampingan berkenaan isu kesehatan mental, serta layanan psikolog klinis dan rujukan psikiater yang berpusat di UMC sebagai layanan profesional bagi kalangan yang membutuhkan. Di kesempatan peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia ini, Rektor Dr. Ir. Iwan Taruna, M.Eng. hadir untuk meluncurkan layanan kesehatan mental Unej tersebut.

Check Also

WEBINAR HARI DISABILITAS INTERNASIONAL SERIES 1

* LP3M UNIVERSITAS JEMBER * Dengan bangga mempersembahkan: * WEBINAR HARI DISABILITAS INTERNASIONAL SERIES 1 ...