BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Berita / Serangkaian Agenda Festival Literasi Nusantara, LP3M Universitas Jember Gelar “Jember Gemar Membaca”

Serangkaian Agenda Festival Literasi Nusantara, LP3M Universitas Jember Gelar “Jember Gemar Membaca”

LP3M Universitas Jember kembali menyelenggarakan keliterasian dengan Agenda FESTIVAL LITERASI NUSANTARA (FLN) 2019 dalam rangka Dies Natalis Universitas Jember Ke-55 Tahun 2019. Adapun salah satu kegiatannya adalah Jember Gemar Membaca (JGM) yang diselenggarakan pada tanggal 5 Oktober 2019 bertempat di Aula LP3M Universitas Jember.

Acara Pertama yaitu Bedah Buku “Agama Para Bajingan” karya Taufik Wr. Hidayat dan “Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia” karya Nurel Javisarqy. Acara tersebut dihadiri kedua penulis buku tersebut dan dibedah oleh Dr. Akhmad Taufiq, M.Pd. dan Dwi Pranoto. Adapun peserta yang hadir sebanyak 250 orang yang terdiri atas pelajar, mahasiswa, guru, penyair dan masyarakat umum yang berlangsung secara interaktif sejak pukul 08 – 13.00 WIB.

Acara Kedua yakni Penyerahan Lomba Cipta Puisi Tingkat Pelajar SMP dan SMA se-Kabupaten Jember. Lomba tersebut diikuti 212 peserta dari 30 sekolah di Kabupaten Jember. Adapun para pemenang lomba tersebut adalah sebagai berikut; untuk Kategori SMP/MTs : Juara 1 Cindy (SMPN 14 Jember), Juara 2 Nadhiva Shafa (SMPN 11 Jember), Juara 3 Wilda Indana (SMPN 14 Jember), Juara Harapan 1 Adelia Putri (SMPN 9 Jember), Juara Harapan 2 Fahmi Hadiansyah (SMPN 12 Jember) sedangkan untuk Kategori SMA/SMK : Juara 1 Assaimah (MA Nurul Ali), Juara 2 Arya Reyhanggi (SMKN 3 Jember), Juara 3 Cahyaning Carindra Ayu (SMAN 1 Jember), Juara Harapan 1 Sofiana Adwitya Ramadhani (SMA Nuris Jember), Juara Harapan 2 Elviana Virgiana (SMA Negeri Ambulu).

Acara Ketiga adalah Temu Penyair Timur Jawa. Acara ini merupakan wadah silaturahmi penyair di Timur Jawa meliputi 7 kota (Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi) sebanyak 35 penyair perwakilan dari ketujuh kota tersebut. Temu penyair tersebut berembug untuk agenda pengembangan dan pembinaan kegiatan literasi di Timur Jawa. Selain itu, para penyair mengagendakan Antologi Puisi Timur Jawa Ke-3 yang akan di launching pada pertengahan Bulan November 2019.

 

Check Also

Walk In Interview & Rekrutmen PT Mega Central Finance (MCF)

Walk In Interview dan Rekrutmen PT MEGA CENTRAL FINANCE (MCF) tanggal 9 Oktober 2019 pukul ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.