BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Kegiatan / SOSIALISASI DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING VIA SPADA

SOSIALISASI DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING VIA SPADA

Pusat Pengembangan Kurikulum dan Inovasi Pembelajaran LP3M Universitas Jember mengadakan “SOSIALISASI DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING VIA SPADA”tanggal  17 Juni 2019 di AULA LT.2 Gd. LP3M Universitas Jember. Acara ini sebenarnya adalah kelanjutan dari workshop panduan pembelajaran daring melalui SPADA pada tanggal 14 Juni 2019. Sosialisasi ini dilaksanakan  agar penerapan sistem perkuliahan yang berbasis online di Universitas Jember lebih aktif.
SPADA adalah kependekan dari Sistem Pembelajaran Daring, dikembangkan Kemenristekdikti untuk menjawab beberapa tantangan pendidikan tinggi seperti kapasitas perguruan tinggi yang terbatas; keterjangkauan PT yang rendah dikarenakan sebaran yang kurang merata; masih banyaknya perguruan tinggi yang belum memiliki sumber daya pendidikan yang memadai dan berkualitas, perguruan tinggi bermutu lebih banyak masih terkonsentrasi di pulau Jawa; masih rendahnya layanan pendidikan tinggi yang setara dan bermutu; dan masih rendahnya jaminan pemenuhan kebutuhan dan permintaan pendidikan tinggi yang bermutu.
Acara di buka dan sekaligus sambutan oleh Dr. Akhmad Taufiq, S.S., M. Pd., selaku Ketua LP3M universitas Jember dalam sambutannya menyatakan bahwa acara ini merupakan percepatan dari rencana semula direncanakan akan dilaksanakan bulan Juli 2019.
Ketua LP3M sangat mengapresiasi semangat 103 Ketua Program Studi dilingkungan Universitas Jember sebagai peserta SOSIALISASI DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING VIA SPADA.
Selanjutnya Ketua LP3M Menghimbau Ketua Program Studi dilingkungan Universitas Jember untuk menghimbau seluruh dosen dilingkungan Program Studi fakultas masing-masing untuk membuat penawaran mata kuliah yang terbaik/unggul yang bisa di akses di SPADA minimal satu dosen satu mata kuliah.

Ada beberapa hal yang harus di penuhi dalam Kuliah Daring Via SPADA :
1. Mata kuliah Terbaik
Perguruan tinggi (PT) menawarkan mata kuliah terbaik tertentu untuk diikuti oleh mahasiswa lain dari perguruan tinggi lain. PT yang menawarkan disebut dengan Perguruan Tinggi Penyelenggara. PT yang mahasiswanya mengikuti perkuliahan daring yang ditawarkan disebut dengan Perguruan Tinggi Pengguna
2. Kualitas Terjamin
Mata kuliah yang ditawarkan PT Penyelenggara, terlebih dahulu diseleksi dan dipastikan kualitasnya oleh tim penjamin mutu (quality assurance team) yang telah ditunjuk oleh Direktorat Pembelajaran.
3. Kerja Sama
Mata kuliah yang telah lolos uji kelayakan dari tim pe,njamin mutu dapat langsung ditawarkan kepada mahasiswa dari Perguruan Tinggi Pengguna untuk selanjutnya dapat dilaksanakan proses pembelajaran sebagaimana mestinya.
4. LMS Spada
Proses pembelajaran dari mata kuliah daring yang ditawarkan dapat dilakukan melalui learning management system (LMS) SPADA Indonesia atau melalui LMS Perguruan Tinggi Penyelenggara.

Check Also

UNEJ JOB EXPO 2019

Ayo Kunjungi & Ikuti UNEJ JOB EXPO 2019 !!! tanggal 30 – 31 Oktober 2019 ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.