BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Kegiatan / Pelatihan & Ujian Sertifikasi Keahlihan Pengadaan Barang/Jasa

Pelatihan & Ujian Sertifikasi Keahlihan Pengadaan Barang/Jasa

Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengadaan Barang/Jasa Nomor 19 Tahun 2018 tentang Penetapan Status terdaftar bagi Lembaga Pelatihan Pengadaan Barang/Jasa (LPPBJ) tanggal 12 Desember 2018 maka Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Jember telah terdaftar sebagai lembaga yang bisa melaksanakan kegiatan Pelatihan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Terkait hal tersebut  LP3M Universitas meyelenggrakan  Pelatihan Sertitifkasi Keahlian Pengadaan Barang Jasa selama 4 hari mulai tanggal 23-26 Mei 2019 di Aula LP3M Universitas Jember dan  ujian berbasis online UTBK  pada tanggal 02 Mei 2019 di Ruang CBT Laboratorium Fakutas Kedokteran Universitas Jember . Adapun peserta PBJ diperuntukkan bagi pejabat  struktural sebagai berikut Dekan dan Wakil Dekan II di Fakultas lingkungan Universitas Jember, Direktur dan Wadir II Pascasarjana Universitas Jember, Ketua, Sekretaris I dan II  LP3M Universitas Jember, Ketua dan Sekretaris II  LP2M Universitas Jember, Koordinator Pusat Manajemen Mutu LP3M Universitas Jember, Koordinator Pusat dan Anggota Pusat SDM LP3M Universitas Jember dengan pesersyaratan tdk mempunyai sertifkat sertifikasi keahliaan PBJ, dengan jumlah peserta 40 orang.  Untuk memantau jalannya sistem Pelatihan PBJ dan daya dukungnya apakah sudah memenuhi standart pelatihan LKPP, yang dihadiri oleh supervisi dari LKPP yaitu ibu Adelia.

Ketua LP3M dalam sambutanya menyampaikan bahwa Pelatihan PBJ diselenggarakan kembali bulan  Mei 2019  ini setelah vakum beberapa tahun sekitar tahun 2010. Hal-hal  dicapai oleh LKP terhadap pelatihan PBJ ini adalah standarisasi proses dan hasil pelatihan sesuai yg diharapkan. Pelatihan PBJ di Unej kali ini sudah menggunakan sistem desain learning sedangkan  blanded learning oleh LKPP  yg aturannya sebenarnya akan diberlakukan, sekitar bulan Juli 2019, ujar Akhmad Taufiq.

PBJ merupakan keharusan dan keniscayaan suatu lembaga apalagi UNEJ sebagai satker besar  yang memberikan konsekuensi di dalam  proses bisnis  kelembagaan harus melakukan PBJ, tdk boleh tdk oleh sebab  PBJ tidak  boleh dihindari yg menjadi bagian proses bisnis kelembagaan, karena menjadi bagian yang diselenggarakan maka salah satu analisis manajemen resiko PBJ adl PPK, PPK mrupakan bagian tidak terpisahkan dari organisasi dalam hal sentra penyelenggara PBj, untuk mengurangi resiko lakukan orientasi jabatan. Unej melakukan orientasi jabatan yang terlambat adalah PBJ. Oleh karena ini PBJ harus diselenggrakan harus berkoordinasi dengan LKPP. Adapun persyaratan untuk pmejdi penyelenggrakan harus ada pengakuan performance di dari LKPP dan LP3M adalah mjd bagian yang mendapat amanah sebagai penyelenggarakan Pelatihan Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa pemerintah . Harapan Pelatihan PBJ terselenggara  dengan baik dan UNEJ punya kekuatan  dimana PBJ dipahami oleh PPK dan terselenggara proses PBJ dengan baik dan benar sesuai peratauran berlaku Perpres Nomor 16 Tahun 2018  disampaikan oleh Wakil Rektor II Universitas Jember sebagai pesan dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan Pelatihan tersebut.

 

Check Also

YUDISIUM INTERNAL SERDOS GELOMBANG 1 2019

Dalam rangka persiapan Yudisium Nasional oleh Tim Serdos Ristek Dikti tanggal 25 Mei 2019, Panitia ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.