BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Breaking News
Home / Kegiatan / WORKSHOP PENYUSUNAN BUKU AJAR MATA KULIAH WAJIB UMUM BERBASIS RELIGIUS NASIONALIS

WORKSHOP PENYUSUNAN BUKU AJAR MATA KULIAH WAJIB UMUM BERBASIS RELIGIUS NASIONALIS

Pengembangan Pendidikan Karakter Dan Ideologi Kebangsaan LP3M Universitas Jember menyelenggarakan workshop Penyusunan Bahan Ajar MKWU Berbasis Religius Nasionalis pada tanggal 22 Maret 2019  bertempat di Aula LP3M Universitas Jember. Workshop dihadiri oleh  dosen pengampu mata kuliah wajib umum sejumlah + 40 orang.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk strategi dan komitmen lembaga terhadap pengembangan dan peningkatan kompetensi dosen dan dilakukan guna membangun standar materi MKWU yakni meliputi Pancasila, Kewarganegaraan, Agama, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris untuk dipergunakan di lingkungan Unej. Tujuan utama workshop ini yaitu meningkatkan bahan ajar yang dipergunakan dosen MKWU berupa buku ajar ber ISBN dan sajian power point dan meningkatkan dukungan LP3M dalam melaksanakan perkuliahan MKWU di lingkungan unej seperti yang disampaikan oleh Fitri Nura Murti, S.Pd., M.Pd. selaku PIC kegiatan tersebut.

Ketua LP3M Universitas Jember Dr. Akhmad Taufiq, S.S., M.Pd.  dalam sambutannya menyampaikan bahwa RPS dari setiap mata kuliah memiliki RPS standar, memenuhi kualifikasi KKNI level 6 (Mampu  mengaplikasikan, Menguasai konsep teoritis, Mampu mengambil keputusan). Rekonstruksi RPS untuk penyempurnaan RPS berkenaan dengan perkembangan aspirasi fakultas yang sangat besar dan menjadi penting , sebagai contoh pendidikan agama, mata kuliah agama di masing-masing matakulai agama perlu  menyisipkan materi tentang ideologi kebangsaan dalam persektif  agama masing-masing ((Islam, Kristen Protestan, Katholik, Hindu, Budha), sehingga todak hanya ideologi dalam konteks tapi Pluralisme  menjadi MKU dengan mencakup  beberapa aspek –aspek sebagai berikut aspek ideologi, akademik terkait strukstur kebangsaan dan sintaksisnya, praktik menyusun karya tulis ilmiah. Diharapkan kegiatan serupa akan dilaksanakan lagi untuk tahun berikutnya yaitu tahun 2020, yang akan diajukan dalam program kerja P3KIK tahun 2020, tetapi fokus  pada pembicaraan mengenai perkembangan keilmuan atau isu-isu yang relevan untuk dijadikan bahan revisi buku.

Check Also

Pelatihan Applied Approach (AA) 2019

Pelatihan Applied Approach (AA) ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh LP3M Universitas Jember setiap ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.