BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Kegiatan / Bimtek Komunikasi Baca di Kabupaten Jember & Penandatangan MoU UNEJ dgn Balai Bahasa Jatim

Bimtek Komunikasi Baca di Kabupaten Jember & Penandatangan MoU UNEJ dgn Balai Bahasa Jatim

Dalam rangka kegiatan “Pembinaan Komunitas Baca di Kabupaten Jember ” yang dilaksanakan oleh BALAI BAHASA JAWA TIMUR bekerjasama dengan LP3M Universitas Jember yang dikemas dalam bentuk Pelaihan Membaca dan Menulis tentang Kearifan Lokal selama 2 hari pada tanggal 5-6 Maret 2019 di Aula LP3M Universitas Jember. Kegiatan tersebut dihadiri oleh peserta -/+ 50 peserta  dari mahasiswa FKIP Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember, UPT. Bahasa, Guru dan siswa  SMA di Kabupaten Jember, serta Pusat Literasi LP3M Universitas Jember.

Kepala Balai Bahasa Jawa Timur Drs. Mustakim, M.Hum dalam sambutannya menyampiakan bahwa Pengembangan sastra dilakukan bersama-sama dengan Universitas Jember, terutama kerjasama  pembinaa bahasa dan satra, di dalam pembinaan dilakukan sosialisasi dan penggunaan bahasa sastra yang baik dan benar. Terutama  difokus sesuai dengan amanat  Pusat Bahasa di jakarta adalah penataan pengunaan bahasa di ruang publik. Tempat-tempat publik sekarang ini sudah disesati bahasa asing, klo itu  dibiarkan identitas kebangsaan kita yang ditandai dengan  bahasa Indonesia akan hancur.

Balai Bahasa bekerjasama dengan unej untuk menghimbau Ruang-ruang publik Universitas Jember mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia sehingga penamaan  perencanaan  gedung, spanduk, perencanaan ruangan, dll turut menggunakan bahasa Indonesia.

Mengutamakan bahasa Indonesia tidak berarti tidak boleh menggunakan bahasa asing, akan tetapi ditulis dibawah tulisan bahasa Indonesia, contoh “Selamat datang di Universitas Jember’ dibawahnya ditulis” Welcome to Universitas Jember”ujar Ketua Balai Bahasa Jatim. Diharapkan pula mahasiswa Universitas Jember menjadi Duta Bahasa yang diselenggarakan Balai Bahsa Jawa Timur setiap tahun   dan pemenangnya utk mengikuti duta bahasa tingkat nasional. Balai bhs juga  menyediakan alat uji, bahasa Indonesia seperti tes Toefl) , merupakan uji standar yang dirancang untuk tes kemahiran sehingga pengujian tidak harus menunggu seseorang utk mengikuti pelatihan, sertifikat uji bahasa Indonesian diharapkan bisa dijadikan sertifikat pendamping ijazah Perguruan Tinggi. Balai bahasa Jatim  bekerjasama dengan Universitas Jember melalui berkomunitas baca, dengan memsosialisasikan dan melaksanakan penguatan-penguatan upaya penggunaan bahasa Indonesia dibanding bahasa asing, dan kedepannya mampu mengutamakan menggunakan bahasa Indonesia dan mampu menggunakan bahas asing serta mempu melesatarikan bahasa daerah.

Dilanjutkan dengan sambutan Rektor Universitas Jember, Drs. Moh. Hasan, M.Sc., Ph.D mengatakan bahwa menjaga kekayaan Indonesia harus dilestarikan, terkait bahasa-bahasa yg digunakan merupakan hal penting melalui Kesepakatan bersama perjanjian kerjasama (MoU ) dengan Balai Bahasa Jatim harus dibuat berkelanjutan, sehingga ada keseriusan kedua belah pihak apa yg dikerjakan bersama2-sama bisa dievaluasi dari hasil perjanjian tersebut. Terkait dgn kearifan lokal terutama Jember, Jember sudah dipenuhi budaya-budaya Madura, sehingga khas nya Jember harus terus digali melalui kegitan ini harapannya memberikan manfaat bersama dan kerjasama ini menjadi program berkelanjutan.

Sebagai pengikat kerjasama,  dilakukan  Penandatangan  Kerjasama (MoU) REKTOR UNIVERSITAS JEMBER dengan KEPALA BALAI BAHASA JAWA TIMUR untuk meningkatkan kemampuan sumber daya agar lebih berhasil dalam pembinaan dan pengembangan bahasa dan sastra khususnya dalam mengembangkan potensi sivitas akademika Universitas Jember di bidang pendidikan/pengembangan pembelajaran,  penelitian, dan pengembangan masyarakat di bidang literasi.

 

 

 

 

 

Berita terkait:

“Salah satu yang harus diprioritaskan di bidang pendidikan, yakni literasi,” kata Mustakim, Kepala Balai Bahasa Jawa Timur, usai membuat nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Jember.Editor: Winardi Nawa Putra
Mustaqim menjelaskan salah satu tugas Balai Bahasa adalah membina, mengembangkan sastra dan Bahasa Indonesia, serta menjaga sastra dan bahasa daerah, khususnya di Jawa Timur.Editor : Amin

 

 

Check Also

Verifikasi Data Pencetakan Sertifikat Serdos Tahap II Tahun 2019

Berikut Nama-Nama DYS Eksternal Yang Portofolio/DD Dinilai Oleh PTPS Universitas Jember : No Nama DYS ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.