BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Kegiatan / Seminar Nasional Tentang Pendidikan Inklusif

Seminar Nasional Tentang Pendidikan Inklusif

Dalam rangka kegiatan Seminar Nasional Tentang Pendidikan Inklusif  dengan tema “Bersama Merayakan Keberagaman”pada tanggal 4 Desember 2018 di Gedung Soetardjo yang dikoordinasi oleh Pusat Layanan Conseling dan Difabilitas yang dihadiri + 400 peserta dari kalangan akademisi Universitas Jember, organisasi difabel, instansi dan sekolah di kabupaten Jember.

Seminar ini disambut oleh Rektor Universitas Jember Drs. Moh. Hasan, M.Sc., Ph.D. sekaligus membuka acara tersebut, dalam paparan mengatakan bahwa semua pihak khususnya yang berada  lingkungan Universitas Jember agar memberikan pelayanan prima dan memberikan suppot dan motivasi untuk mendukung semua pihak tertentu yang berkebutuhan khusus, akses-akses  pelayanan perlu mengembangkan potensi diri agar nantinya betul-betul bisa berbuat yang sebenarnya yang bisa dilakukan yang didukung dengan sarana pendidikan dan fasilitas-fasilitas yang terkait dengan penyediaan SDM, sarana prasarana yang berkualitas dan harus dilakukan bersama-sama.

Ketua LP3M Universitas Jember Dr. Akhmad Taufiq, S.S., M.Pd menyampaikan dengan  seminar ini  mewujudkan  kampus  yang inklusi yang membantu mahasiswa berkebutuhan khusus saat proses pembelajaran di kelas serta kampus yang ramah difabel, karena masyarakat luas  penyandang disabilitas juga memiliki hak yang sama dan wajib diperhatikan.

Adapun narasumber  yang mendukung acara ini dengan materinya yang menjelaskan tentang issue difabilitas dan pendidikan inklusi yang mengembangkan diri untuk semua orang antara lain  Kebijakan dan Sistem Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif oleh Dr. Uwes Anis Chaeruman, M.Pd.Kepala Subdirektorat Pembelajaran Khusus Dirjen Belmawa Kemenristekdikti, Praktik Baik Strategi Layanan Pembelajaran Inklusif di Sekolah oleh Nur Azizah, S.Pd., M.Ed., Ph.D. (dosen dan peneliti UNY), dan Praktik Baik Strategi Layanan Pembelajaran Inklusif di Perguruan Tinggi Alies Poetri Lintangsari, S.S., M.Li (PSLD Universitas Brawijaya).

Penampilan mahasiswa dari fakultas Ilmu Budaya (vian),FISIP (Teguh), Rio (FMIPA) Gomel  (FEB) yang menampilkan pembacaan puisi, Sharing pengalaman sebagai mahasiswa difabel, Bagaimana bersahabat dengan difabel, Sharing pengalaman adaptasi kultural mahasiswa peserta Afirmasi Pendidikan, mereka dalah mahasiswa-mahasiswa yang memiliki keistimeawaan dengan motivasi dan kemandirian yang kuat untuk mengembangkan potensi diri yang berkualitas.

 

 

Check Also

LOKER PT. Sinar Niaga Sejahtera “distributor resmi dari Garuda Food”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.