BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Berita / Focus Group Discussion ( FGD ) Penyempurnaan Naskah Akademik tentang USULAN KH. ACHMAD SIDDIQ SEBAGAI PAHLAWAN NASIONAL

Focus Group Discussion ( FGD ) Penyempurnaan Naskah Akademik tentang USULAN KH. ACHMAD SIDDIQ SEBAGAI PAHLAWAN NASIONAL

PUSAT PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN IDEOLOGI KEBANGSAAN ( P3KIK ) LP3M UNIVERSITAS JEMBER Mengadakan Focus Group Discussion ( FGD ) Penyempurnaan Naskah Akademik tentang USULAN KH. ACHMAD SIDDIQ SEBAGAI PAHLAWAN NASIONAL Tanggal 28 November 2018 di AULA LT.2 Gd. LP3M Universitas Jember.

Dr. Mahfudz sidiq, M.M selaku Koordinator PUSAT PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN IDEOLOGI KEBANGSAAN ( P3KIK ) LP3M, dalam sambutannya menyatakan bahwa agenda ini merupakan agenda penting bagi lembaga untuk menyelesaikan naskah akademik pengusulan KH Ahmad Siddiq Sebagai Pahlawan Nasional.

Acara di buka oleh Dr. Akhmad Taufiq, S.S., M. Pd., selaku Ketua LP3M universitas Jember dalam sambutannya menyatakan bahwa proses penyusunan naskah akademik pengusulan KH Ahmad Siddiq Sebagai Pahlawan Nasional terdapat beberapa fase, Fase pertama pada tahun 2009-2010 kami diajak berembuk oleh Gus Afthon untuk menyusun dan mengusulkan KH Ahmad Siddiq Sebagai Pahlawan Nasional pada saat itu lembaga pengusulnya adalah Universitas Islam Jember. Dalam perjalannnya kami sempat soan kepada Gus Firjoun (KH. Mohammad Balya Firjoun Barlaman) pada prinsipnya tidak ada kendala, akan tetapi ada kendala etik menurut informasi bahwa untuk mengusulkan sebagai pahlawan nasional harus di usulkan oleh keluarga, hal ini keluarga merasa keberatan secara etik rasanya tidak pantas bila keluarga yang mengusulkan. Fase kedua tahun 2015 Universitas Jember mengadakan peringatan Hari Lahir Pancasila dan bulan itu dinamakan bulan Pancasila. Pada saat itu diadakan Workshop di Fakultas Hukum kebetulan ketua PIC nya Dekan Fakultas Hukum sahabat Dr. Nurul Gufron, S.H., M.H. ada beberapa kiyai sepuh yang hadir pada saat itu antara lain Gus Sholah (KH. Sholahudin Wahid), KH. Muhyidin Abdus Somad, KH. Muchid Muzadi (almarhum) saat itu semangatnya luar biasa untuk mengusulkan KH Ahmad Siddiq Sebagai Pahlawan Nasional, akan tetapi penyusunan naskah akademik tidak kunjung usai.
Ketika kami sowan kepada para kiyai beliau menayakan kelanjutan pengusulan KH Ahmad Siddiq Sebagai Pahlawan Nasional, sehingga menjadi beban moral bagi kami untuk menyelesaikan naskah akademik pengusulan KH Ahmad Siddiq Sebagai Pahlawan Nasional. PUSAT PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN IDEOLOGI KEBANGSAAN ( P3KIK ) LP3M mendapat mandat dari Bapak Rektor untuk menyelesaikan penyusunan naskah akademik pengusulan KH Ahmad Siddiq Sebagai Pahlawan Nasional.

Tujuan Pengusulan
Sesuai pasal 3 UU No 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan sebagai berikut :
a. menghargai jasa setiap orang, kesatuan, institusi pemerintah dan organisasi yang telah mendarma baktikan diri dan berjasa besar dalam berbagai bidang kehidupan berbangsa dan bernegara,
b. menumbuhkembangkan semangat kepahlawanan, kepatriotan, dan kejuangan sikap kemajuan dan kejayaan bangsa dan negara, serta
c. menumbuhkembangkan sikap keteladanan bagi setiap orang dan mendorong semangat melahirkan karya terbaik bagi kemajuan bangsa dan Negara.

Manfaat Pengusulan
a. Untuk memberikan penghargaan kepada KH. Achmad Siddiq yang berperan sebagai tokoh penentu penerimaan NU terhadap Pancasila sebagai asas tunggal bernegara pada saat Munas 1983 dan Muktamar NU 1984
b. Sebagai tanda kebanggaan, sikap keteladanan, dan semangat perjuangan.
c. Sebagai inspirasi generasi saat ini dalam mendarmabaktikan diri kepada nusa, bangsa, dan agama
d. Memotivasi dan menggugah generasi mendatang agar selalau berfikir dan berbuat “apa yang bisa saya berikan kepada bangsa dan negara”

Check Also

LOKER PT. Sinar Niaga Sejahtera “distributor resmi dari Garuda Food”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.