BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Kegiatan / PELATIHAN PEKERTI TAHAP 3 2018

PELATIHAN PEKERTI TAHAP 3 2018

Dalam upaya meningkatkan keprofesionalan dosen, khususnya dalam bidang peningkatan pembelajaran dosen di Perguruan Tinggi,  Universitas Jember akan mengadakan kegiatan Pelatihan Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional ( PEKERTI) yang dilaksanakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kompetensi Sumber Daya Manusia (P3KSDM) selama 4 (empat) hari pada tanggal 29 Oktober s/d 01 Nopember 2018 yang dikoordinasikan oleh Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Jember. Bertempat di Aula LP3M Universitas Jember Campus Center Lt. 2.

Pelatihan PEKERTI terbagi dalam 3 tahap kegiatan, pertama tatap muka, kedua praktik peer teaching, dan ketiga penyusunan Rancangan Pembelajaran Semester (RPS).

Peserta yang berpartisipasi dari kalangan dosen yunior di lingkungan Universitas Jember sejumlah 46 peserta  terdiri dari 28 dosen Universitas Jember dan  peserta  dari perguruan tinggi swasta di lingkungan Kabupaten Jember dan Kabupaten Lumajang  sejumlah 18 orang. Dalam sambutan ketua LP3M,menyampaikan bahwa PEKERTI adalah pada merupakan dasar kemampuan mengajar dan menjadi penting dan wajib sebelum mendapat tugas mengajar. Harapan dalam pelatihan PEKERTI kali ini agar dosen mengetahui prinsip dasar dan teknik dasar kemampuan kurikulum pembelajaran dan memberikan manfaat untuk salah persyaratan mengikuti sertifikasi dosen. Universitas Jember salah satu PTPS yang diberikan kewenangan untuk melaksanakan PEKERTI dan diakui sertifikatnya, degan penjaminan baik pada sertifikat yang dikeluarkan. Ada 4 proses penting sebagai langkah kelulusan mengikuti pelatihan,yaitu kemampuan teknik dan konsep, kemampuan kurikulum dan pembelajaran, kemampuan teknik pembelajaran dan menyelesaiakn tugas akhir pelatihan.

Dalam tahap pertama, sebelum sesi tatap muka penyampaian materi  peserta pelatihan diberikan pre tes  kemudian diberikan materi- materi tentang sistem pendidikan, kompetensi dosen, pengembangan pembelajaran berbasis capaian pembelajaran 21st century skill, model-model pembelajaran berbasis SCL dan riset, model-model penilaian authentic, instrumen assessment, rancangan pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, dan ICT untuk pelaksanaan pembelajaran.

Di sesi kedua praktek peer teaching, di sini peserta dibagi per kelompok yang terdiri dari 8-9 orang, setiap peserta mempresentasikan RPS mata kuliah yang diampu untuk diberikan penilaian  oleh pendamping dalam proses pembelajaran. Aspek yang dinilai pendamping adalah Pra Pembelajaran, Pendahuluan penyampaian matakuliah, Penguasaan Isi Pembelajaran, Implementasi Pembelajaran  SCL, Penguasaan dan Pengelolaan Kelas,  Unjuk kerja kepribadian dalam pembelajaran, Pembetukan karakter pada Mahasiswa, Implementasi penilaian sesungguhnya (Authentic Assessment), penutup (Memberikan arahan, kegiatan, atau tugas untuk pertemuan berikutnya ). Peserta yang mengalami kendala teknis dibantu terlebih dahulu peserta lain dalam kelompoknya. Jika masih tidak ada solusi, pendamping terlibat memberi pengarahan dan mencari solusi atas kasus yang dialami dan menyampaikan hal-hal kyang harus dibenahi oleh peserta tersebut. Dalam kegiatan peer teaching memberikan masukan kepada peserta untuk menyusun Rancangan Pembelajaran  mata kuliah yang diampu dengan benar yang memenuhi 7 aspek laporan (peta konsep, silabus, rencana pembelajaran semester (RPS), rancangan tugas mahasiswa (RTM), lembar kerja mahasiswa (LKM), lembar kerja hasil belajar (LPHB), dan kontrak kuliah, sehingga tugas akhir pelatihan PEKERTI dapat selesai tepat waktu  dalam kurun 2 minggu. Sebelum penutupan pelatihan Pekerti peserta diwajibkan mengikuti post tes dengan materi-materi yang telah disampaiakan sehingga ada peningkatan kemampuan mengajar secara signifikan dari nilai pres tes.

Check Also

JOINT With Ace Hardware

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.