BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Berita / Diskusi Interaktif Bagaimana Menjadi a Qualified Employee pada Perusahaan Berskala Nasional

Diskusi Interaktif Bagaimana Menjadi a Qualified Employee pada Perusahaan Berskala Nasional

Dalam rangka memasuki pasar kerja revitalisasi industri 4.0 yang semakin kompetitif bagi para alumni Universitas Jember, LP3M Universitas Jember menyelenggarakan  kegiatan Diskusi Interaktif “ Bagaimana menjadi a qualified employee di perusahaan berskala Nasional  yang dikoordinasi oleh Pusat pengembangan Karir LP3M pada tanggal 17 Oktober 2018 di Aula LP3M Universitas Jember. Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa Universitas Jember + 100 orang dari berbagai fakultas di lingkungan Universitas Jember serta koorpus dan anggota Pusat Pengembangan Karir LP3M Unej

Ketua Panitia Pelaksana ibu Dr. Novi Puspitasari, S.E., M.M. dalam sambutannya menyampaikan bahwa pusat Pengembangan Karir mempunyai tujuan  untuk mengembangkan karir mahasiswa universitas Jember, mulai dari mahasiswa sampai alumni sebagai salah satu tugas untuk memberikan pelayanan terbaik. Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari PT. Telkomsel area Jawa Bali, PT. Bank Syariah Mandiri Area Jember, PT. Indospring Tbk yang mewakili di bidangnya. Adapun mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini memiliki persyaratan mahasiswa semester 7, dikarenakan mahasiswa semester 7 tidak lama lagi akan menjadi alumni sehingga mereka mempunyai bekal pengetahuan  tentang kondisi lapangan pekerjaan dan menjadi karyawan yang berprestasi. Diharapkan di kesempatan mendatang pada kegiatan serupa dapat mengundang pengusaha-pengusaha  sukses untuk memberikan tips- tips berwirausaha yang sukses.

“ Kegiatan ini Memberikan bekal kemampuan karir untuk adik-adik mahasiswa sehingga memberikan pandangan untuk perusahaan memilih karyawan berprestasi” sambut Sekretaris II LP3M  Universitas Jember Dr. Ir. Sholeh Avivi, M.Si. Disampaikan pula karakter seorang pengusaha atau karyawan yang dibutuhkan oleh perusahaan yang pertama  integritas (kejujuran) didukung  faktor lain antara lain bertanggungjawab, berkerjasama dengan tim, mampu bekerja dibawah tekanan. Diharapkan mahasiswa yang telah menjadi alumni untuk mengisi kuesioner alumni berdasarkan lulusannya dapat diakses pada website: http://sister.unej.ac.id/alumni atau melalui aplikasi mobile (Android) yang dapat diunduh di PlayStore dengan kata kunci Tracer Study Universitas Jember, lanjutnya.

Kegiatan diskusi interaktif ini ada 4 sesi pemaparan materi menarik,materi yang pertama Perkenalan Pusat Karir di Universitas Jember disampaikan oleh Koordinator Pusat Pengembangan Karir Bapak Dr. I.B Bagus Suryaningrat, S.TP., M.M. sebagaimana yang disampaikan mengenai peran, manfaat, alasan pengembangan karir serta kelembagaan pusat karir di perguruan tinggi.

Sesi kedua materi disampaikan oleh Bapak Bahtiar Wijaya dan Bapak Faqih Ulil Abshor  PT Bank Syariah Mandiri Area Jember mengungkapkan sejarah, profil, misi PT Bank Syariah Mandiri, persiapan berkarir di industri perbankan syariah  serta sistem perekrutan karyawan yang berkualitas.

Dilanjutkan dengan sesi ketiga dari perwakilan PT. Telkomsel terkait penjelasan mengenai isi Curiculum Vitae dan beberapa pengetahuan tentang perekrutan karyawan di dunia kerja antara lain personil value, melek teknologi, memiliki sifat extrovert, skill dan CV, dan pengalaman kerja atau berorganisasi. ” Kemampuan yang mumpuni berbahasa inggris aktif dan pasif”, diujung pesan bpk Agus Supranowo dari PT. Telkomsel Area Jawa Bali

Kebutuhan SDM yang selalu dibutuhkan oleh PT Indospring Tbk adalah tenaga untuk produksi, sales dan marketing dan lulusan yang dibutuhkan teknik dan non teknik. Dijelaskan pula mengenai kualifikasi perekrutan SDM (administrasi, softskill dan hardskill) selain itu disarankan oleh Bapak Andi Mohtar supaya para pencari kerja lebih berhati-hati dalam menampilkan personality di media sosial karena itu merupakan salah satu penilaian ekternal yang diambil dalam penentuan kualitas calon karyawan.

Akhir kegiatan ini dengan keseruan diskusi dengan beberapa pertanyaan dari mahasiswa kepada narasumber yang dilanjutkan foto bersama.

 

 

 

Video :
“Angka pengangguran di Indonesia masih tergolong cukup tinggi sehingga lulusan pendidikan menghadapi persaingan yang semakin ketat, oleh sebab itu dibutuhkan pelatihan yang matang untuk calon pekerja sebagai persiapan menghadapi pasar kerja yang kompetitif”.    Jember 1TV Official Youtube Channel: Pelatihan A Qualified Employee Untuk Mahasiswa Ak…: https://www.youtube.com/watch?v=pUTcCLK0M5k&feature=youtu.be

Check Also

JOINT With Ace Hardware

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.