BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Berita / PELATIHAN PEKERTI BULAN NOPEMBER 2017

PELATIHAN PEKERTI BULAN NOPEMBER 2017

DSC_0247Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Jember menyelenggarakan Pelatihan Program Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) sebagai salah satu kegiatan pemenuhan pendidikan profesi khususnya di bidang kompetensi pedagogik. Pelatihan diselenggarakan selama 4 hari mulai tanggal 07 sampai dengan 10 Nopember  2017 di Ruang Pelatihan LP3M Universitas Jember Campus Center Lt. 2. Pelatihan PEKERTI terbagi dalam 3 tahap kegiatan, pertama tatap muka, kedua praktik peer teaching, dan ketiga penyusunan Rancangan Pembelajaran Semester (RPS).

Peserta yang berpartisipasi dari kalangan dosen yunior di lingkungan Universitas Jember sejumlah 23 peserta . Dalam sambutan ketua LP3M, diharapkan pelatihan PEKERTI tahap 3 ini telah memenuhi sistem pelatihan berstandar nasional sehingga dosen yang mengikuti pelatihan memiliki bobot lebih dalam mengajar mulai materi Sistem Pendidikan Tinggi, model dan strategi pembelajaran, sampai dengan menyusun rancangan pembelajaran dan praktik pembelajaran, dan ke depannya LP3M dapat bekerjasama dengan perguruan tinggi lain sehingga pelatihan PEKERTI telah dipandang mampu berkompetensi dengan perguruan tinggi lain.

Dalam tahap pertama, sesi tatap muka peserta diberikan materi- materi tentang sistem pendidikan, kompetensi dosen, pengembangan pembelajaran berbasis capaian pembelajaran 21st century skill, model-model pembelajaran berbasis SCL dan riset, model-model penilaian authentic, instrumen assessment, rancangan pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, dan ICT untuk pelaksanaan pembelajaran,  setiap penyampaian materi diawali dengan pre tes dan diakhiri post tes.

Di sesi kedua praktek peer teaching, di sini peserta dibagi per kelompok yang terdiri dari 4 orang, setiap peserta mempresentasikan RPS mata kuliah yang diampu untuk diberikan penilaian  oleh pendamping dalam proses pembelajaran. Aspek yang dinilai pendamping adalah Pra Pembelajaran, Pendahuluan penyampaian matakuliah, Penguasaan Isi Pembelajaran, Implementasi Pembelajaran  SCL, Penguasaan dan Pengelolaan Kelas,  Unjuk kerja kepribadian dalam pembelajaran, Pembetukan karakter pada Mahasiswa, Implementasi penilaian sesungguhnya (Authentic Assessment), penutup (Memberikan arahan, kegiatan, atau tugas untuk pertemuan berikutnya ). Peserta yang mengalami kendala teknis dibantu terlebih dahulu peserta lain dalam kelompoknya. Jika masih tidak ada solusi, pendamping terlibat memberi pengarahan dan mencari solusi atas kasus yang dialami dan menyampaiakan hal-hal kyang harus dibenahi oleh peserta tersebut. Dalam kegiatan peer teaching memberikan masukan kepada peserta untuk menyusun Rancangan Pembelajaran  mata kuliah yang diampu dengan benar yang memenuhi 7 aspek laporan (peta konsep, silabus, rencana pembelajaran semester (RPS), rancangan tugas mahasiswa (RTM), lembar kerja mahasiswa (LKM), lembar kerja hasil belajar (LPHB), dan kontrak kuliah, sehingga tugas akhir pelatihan PEKERTI dapat selesai tepat waktu  dalam kurun 2 minggu.

Check Also

Workshop Pemantapan Implementasi E-Learning dalam Kegiatan Open Class Implementasi Hibah Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Pembelajaran Berpusat Pada Mahasiswa Memasuki Revolusi Industri 4.0 (PKP-PBMRI) 2018

Pusat Pengembangan Kurikulum dan Inovasi Pembelajaran LP3M Universitas Jember mengadakan Workshop Pemantapan Implementasi E-Learning dalam ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.