BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Breaking News
Home / Berita / Workshop Pengembangan Kurikulum Mata Kuliah Bersama

Workshop Pengembangan Kurikulum Mata Kuliah Bersama

DSC_0148_aSejalan dengan peranan Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) sebagai pelaksana pembantu tugas Rektor memiliki visi besar yaitu mewujudkan Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) yang unggul dalam sistem inovasi pembelajaran dan penjaminan mutu yang terstandarisasi, humanis, profesional, dan berwawasan kebangsaan. Dalam pelaksanaannya LP3M dibantu oleh Kordinator Pusat Pengembangan Pendidikan Karakter dan Ideologi Kebangsaan (P3KIK) menyelenggarakan kegiatan Workshop Pengembangan Kurikulum Mata Kuliah Bersama ((Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila, Pendidikan Kewarganegaraan dan Bahasa Indonesia) pada tanggal 06 November di Ruang Pelatihan Lt. 2 LP3M Universitas Jember.
Dalam sambutannya ketua LP3M Dr. Akhmad Taufiq, S.S., M.Pd. mengatakan “bahwa pengembangan fungsi Korpus P3KIK tidak semata-mata mengkoordinasi mata kuliah umum yang menjadi kewenangan utama adalah Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila, Pendidikan Kewarganegaraan dan Bahasa Indonesia, ini dipertegas melalui surat edaran Ristek Dikti tanggal 24 Agustus 2011 yang meneyebutkan 4 mata kuliah tersebut penting termasuk pengembangan pendidikan karakter keseluruh mata kuliah. Dalam penguatan fungsi terkait dengan ideologi kebangsaan, maka diharapkan dosen-dosen MKU melalukan studi riset isu-isu kebangsaan dan LP3M Universitas Jember mengapresiasi yang sudah dilakukan MKU mengenai pemetaan ideologi gerakan mahasiswa Universitas Jember. Kegiatan workshop ini perlu dilakukan reformasi kurikulum untuk diintegrasikan beberapa mata kuliah, sehingga memiliki SKS yang bersar dengan target tahun ini menghasilkan Rancangan Pembelajaran yang didalamnya ada silabus, RPS, RTM, LPHBM, kontrak kuliah dan jurnal (jurnal efektif perilaku) sehingga tahun 2018 MKU menghasilkan RPS yang dilakukan oleh Tim dan menjadi standart bersama. RPS tersebut dikembangkan menjadi buku ajar sebagai buku induk dikeluarkan Universitas Jember yang akan digunakan mahasiswa dan apa yang dihasilkan memiliki manfaat seluruh akademika”.

DSC_0163
Workshop ini dihadiri oleh 40 dosen MKU dari Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila, Pendidikan Kewarganegaraan dan Bahasa Indonesia. Diharapkan dengan kegiatan workshop ini diharapkan adanya keseragaman materi perkuliahan yang disampaikan oleh para dosen pengampu mata kuliah Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila dan pendidikan kewarganegaraan.DSC_0165

DSC_0174

Check Also

Pelatihan Applied Approach (AA) 2019

Pelatihan Applied Approach (AA) ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh LP3M Universitas Jember setiap ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.