BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Berita / PELATIHAN PEKERTI TAHAP 3 TAHUN 2017

PELATIHAN PEKERTI TAHAP 3 TAHUN 2017

Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Jember menyelenggarakan Pelatihan Program Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) sebagai salah satu kegiatan pemenuhan pendidikan profesi khususnya di bidang kompetensi pedagogik. Pelatihan diselenggarakan selama 4 hari mulai tanggal 25 sampai dengan 28 Juli 2017 di Ruang Pelatihan LP3M Universitas Jember Campus Center Lt. 2. Pelatihan PEKERTI terbagi dalam 3 tahap kegiatan, pertama tatap muka, kedua praktek peer teaching, dan ketiga penyusunan Rancangan Pembelajaran Semester (RPS).

Peserta yang berpartisipasi dari kalangan dosen di lingkungan Universitas Jember dan perguruan tinggi sewilayah Besuki Raya sejumlah 23 peserta. Dalam sambutan ketua LP3M, diharapkan pelatihan PEKERTI tahap 3 ini telah memenuhi sistem pelatihan berstandar nasional sehingga dosen yang mengikuti pelatihan memiliki bobot lebih dalam mengajar mulai materi Sistem Pendidikan Tinggi, model dan strategi pembelajaran, sampai dengan menyusun rancangan pembelajaran dan praktik pembelajaran, dan ke depannya LP3M dapat bekerjasama dengan perguruan tinggi lain sehingga pelatihan PEKERTI telah dipandang mampu berkompetensi dengan perguruan tinggi lain.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam rangka menyiapkan perkuliahan di Kampus Utama dan Kampus II Universitas Jember di Bondowoso, Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Jember menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Keterampilan Dasar Instruksional (PEKERTI) Angkatan ke-3 2017. Dalam sambutannya, Ketua LP3M Universitas Jember Dr. Akhmad Taufiq, S.S., M.Pd. menyampaikan bahwa PEKERTI ini merupakan pelatihan yang secara khusus diarahkan untuk membekali dosen muda yang memberi perkuliahan. Dalam kegiatan ini, para dosen muda dibekali keterampilan dasar instruksional pembelajaran. “Kegiatan ini diberikan kepada dosen muda yang akan memberi perkuliahan. Mulai dari materi Sistem Pendidikan Tinggi, model dan strategi pembelajaran, sampai dengan menyusun rancangan pembelajaran dan praktik pembelajaran,” katanya.

Pewarta : Aminatus Sofya Editor : Wahyu Nurdiyanto Publisher : Rochmat Shobirin Sumber : TIMES Bondowoso

Dalam tahap pertama, sesi tatap muka peserta diberikan materi- materi tentang sistem pendidikan, kompetensi dosen, pengembangan pembelajaran berbasis capaian pembelajaran 21st century skill, model-model pembelajaran berbasis SCL dan riset, model-model penilaian authentic, instrumen assessment, rancangan pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, dan ICT untuk pelaksanaan pembelajaran,  setiap penyampaian materi diawali dengan pre tes dan diakhiri post tes.

Di sesi kedua praktek peer teaching, di sini peserta dibagi per kelompok yang terdiri dari 4-5 orang, setiap peserta mempresentasikan RPS mata kuliah yang diampu untuk diberikan penilaian  oleh pendamping dalam proses pembelajaran. Aspek yang dinilai pendamping adalah Pra Pembelajaran, Pendahuluan penyampaian matakuliah, Penguasaan Isi Pembelajaran, Implementasi Pembelajaran  SCL, Penguasaan dan Pengelolaan Kelas,  Unjuk kerja kepribadian dalam pembelajaran, Pembetukan karakter pada Mahasiswa, Implementasi penilaian sesungguhnya (Authentic Assessment),penutup (Memberikan arahan, kegiatan, atau tugas untuk pertemuan berikutnya ). Peserta yang mengalami kendala teknis dibantu terlebih dahulu peserta lain dalam kelompoknya. Jika masih tidak solusi, pendamping terlibat memberi pengarahan dan mencari solusi atas kasus yang dialami dan menyampaiakan hal-hal yang harus dibenahi oleh peserta tersebut. Kegiatan peer teaching memberikan masukan kepada peserta untuk menyusun RPS mata kuliah yang diampu dengan benar, sehingga tugas akhir pelatihan PEKERTI dapat selesai tepat waktu  dalam kurun 2 minggu.

Dokumentasi

DSC_0103DSC_0144

 

 

 

 

 

DSC_0218DSC_0219

 

 

Check Also

WhatsApp Image 2017-09-11 at 09.43.19(1)

PROGRAM ASUH MENUJU PRODI UNGGUL

Program Asuh merupakan program Kemristekdikti untuk meningkatkan layanan, menumbuhkan budaya serta meningkatkan mutu program studi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *