BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / Berita / FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) PENYUSUNAN PANDUAN DAN MODUL PEKERTI

FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) PENYUSUNAN PANDUAN DAN MODUL PEKERTI

Dalam kegiatan Focus Group Discussion Penyusunan Panduan dan Modul Pekerti  Ketua LP3M Universitas Jember Dr. Akhmad Taufiq, S.S., M.Pd. memberikan sambutan bahwa berangkat dari kegiatan Pelatihan PEKERTI selama ini, baik dari segi tatanan, proses dan luaran  itu sendiri, diharapkan dalam Focus Group Discussion (FGD)  selama dua hari ini menghasilkan tatanan materi dan tatanan luaran (Rancangan Pembelajaran) yang berstandar. Para peserta yang dalam Pelatihan PEKERTI sebagai narasumber dapat membuat modul karena di LP3M sedang menata struktur organisasi yang menggabungkan 4 lembaga/UPT (LP3, UPT BPM,UPT BSMKU, dan Internasional Office) menjadi satu lembaga LP3M Universitas Jember yang mencakup segala aktifitas yang ada di Universitas Jember yang melibatkan dosen, mahasiswa, lembaga, serta masyarakat. Dalam FGD diharapkan ada hasil sehingga diharapkan dapat menjaga kepercayaan dari Rektor Universitas Jember untuk mengelola perkembangan lembaga ini serta diharapakan ada keluaran beberapa draf materi Pekerti dari narasumber dan pembimbing yang berstandar nasional sehingga kerjasama antar Universitas terjalin kembali.

Focus Group Discussion Penyusunan Panduan dan Modul Pekerti dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 14 s/d 15 Juli 2017 di Kalibaru Cottages Banyuwangi diikuti oleh 10 dosen (guru besar dan doktor)  dari lingkungan Universitas Jember. Dalam FGD ini menghasilkan 10 Capaian Pembelajaran yang diharapkan dengan Pelatihan PEKERTI  sebagai dasar penyusunan Modul PEKERTI sebagai berikut:

  1. Memahami sistem pendidikan tinggi
  2. Mampu menguasai konsep kompetensi dosen sesuai dgn permenristekdikti no 44 th 2015 tentang SNPT
  1. Menguasai pengembangan rancangan pembelajaran berbasis capaian pembelajaran 21 century skill (wawasan)
  2. Menguasai model2 pembelajaran berbasis SCL dan Riset
  3. Menguasai model2 penilian authentic berbasis ICT
  4. Mengembangkan instrumen asessment (ada produk)
  5. Mengembangkan rancangan pembelajaran (ada produk)
  6. Menguasai ICT utk pelaksanaan pembelajaran (konsep dan praktek)
  7. Menguasai Ketrampilad dasar Mengajar
  8. Menunjukkan kemampuan praktek pembelajaran dalam perkuliahan (praktek) PEER TEACHING

Diujung acara FGD, ketua Lp3M mengharapkan dalam  kegiatan PEKERTI memiliki standarisasi  pengelolaan kegiatan seperti :

  • Standarisasi penyusunan materi dalam bentuk ppt
  • Modul disusun sebagai produk LP3M untuk pelaksanaan Pekerti
  • Prefesional, humanis dalam kinerja LP3M

Kalibaru_1DSC_0046

 

 

 

 

 

DSC_0049_2DSC_0076_3

Check Also

COVER PEKERT VI

PELATIHAN PEKERTI BULAN NOPEMBER 2017

Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Jember menyelenggarakan Pelatihan Program Keterampilan Dasar Teknik ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *